Keajaiban Kota Makkah dan Madinah (Part 2)

88-min

11. Tempat dibangunnya rumah Allah (Baitullah) pertama kali.

Nabi Adam ygn diperintahkan Allah untuk mendirikan Baitullah. Allah memberikan petunjuk berupa cahaya yang turun dari langit membentuk mihrab. Jadi, tapak Ka’bah itu berbentuk mihrab masjid, tapi pada masa Sultan Murad IV dipotong menjadi simetris. Sisa potongan itulah yang dinamakan Hijir Ismail, yang tidak boleh masuk kedalamnya saat melakukan tawaf, karena masuk kesitu sama dengan memasuki ka’bah.

12. Kota Kelahiran Rasulullah SAW sebagai Nabi Akhir Zaman

13. Tempat pertemuan Adam dan Hawa

Setelah Adam dan Hawa dikeluarkan dari surga, mereka berdua hidup mengembara selama 200 tahun sehingga Allah mempertemukan mereka kembali di Jabal Rahmah, Arafah, tanggal 9 Dzulhijjah. Arafah masih termasuk Kota Makkah.

14. Tempat beribadah para hamba-Nya serta adanya kewajiban atas mereka untuk mengunjunginya, baik yang dekat maupun yang jauh, yakni dalam mengerjakan haji.

15. Tempat yang tidak boleh seorangpun masuk kedalamnya kecuali dengan kerendahan hati, khusyuk, kepala terbuka dan meninggalkan segala bentuk pakaian dan perhiasan dunia.

16. Tempat yang dimaksudkan untuk menghapus dosa-dosa masa lalu, sebagaimana Allah mengampuni dosa Adam dan istrinya yang melanggar ketentuan Allah

17. Tempat yang Allah mensyariatkan kepada manusia untuk bertawaf di Ka’bah

18. Tempat yang Allah wajibkan bagi orang-orang yang mampu untuk mengunjunginya

19. Tempat yang tidak ada sejengkal bumipun yang Allah wajibkan hamba-hamba-Nya untuk menghadap dan melambaikan tangan, kecuali kepada Ka’bah, Hajarul Aswad, Rukun Yamani yang adanya di kota Makkah

20. Tempat yang dilarang oleh Allah untuk mengahadap atau membelakanginya pada waktu buang hajat.

21. Tempat-tempat yang mustajab bagi orang-orang yang berdoa di sanaa

Misalnya saja di Hajar Aswad, di Rukun Yamani, di makam Ibrahim, di Hijir Ismail, di Telaga Zam zam, di Arafah saat berwukuf dll.

22. Tempat adanya telaga zam-zam yang luar biasa

23. Berdasarkan pengamatan DR. Husein Kamaluddin,

Kota Makkah Al-Mukarramah berada di puncak jantung dunia yang melintasi semua tepian benua. Hasil ini diperoleh ketika dia mempersiapkan penelitian penetapan arah-arah yang akurat ke kiblat dari beberapa kota utama di seluruh dunia dengan menggunakan komputer.

24. Matahari berada tepat secara vertikal diatas Ka’bah

Sebanyak dua kali dalam setahun, pada waktu itu bayangan segala sesuatu mengarah ke arah kiblat

25. Allah menjadikan Madinah sebagai tempat masuk yang benar

Allah SWT berfirman: “Dan katakanlah (Muhammad), Ya Rabbaku, masukkan aku ketempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ketempat keluar yang benar ” (QS. Al-Isra’ :80). Allah SWT menjadikan Madinah sebagai Tanah Haram sebagaimana ditegaskan melalui sabda Rasulullah, “Madinah itu Tanah Haram dan Aman”

26. Madinah di-idhafah-kan kepada Allah

Menurut pendapat beberap ahli tafsir, sebagaimana disebutkan di dalam firman Allah, “Bukankan bumi Allah itu luas sehingga kalian dapat berhijrah (berpindah-pindah) di bumi itu?” (QS. An-Nisa : 97)

27. Madinah di-idhafah-kan kepada Nabi SAW

Sebagaimana disebutkan di dalam firman Allah SWT, “Sebagaimana Rabbamu menyuruhmu pergi dari rumahmu dengan kebenaran,” (QS Al Anfal :5). Juga sabdanya, “Madinah itu Tanah Haramku”

28. Allah SWT memilih Madinah sebagi tempat hijrah, tempat tinggal dan tempat meninggal Nabi SAW

29. Allah SWT menjadikan Madinah sebagai tempat kelahiran Islam

30. Madinah memiliki banyak nama yang menunjukkan kemuliaannya. Sungguh, tidak ada kota atau negara yang memiliki banyak nama seperti Madinah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Makkah memiliki banyak keistimewaan dibandingkan kota-kota lain di bumi. Di antara keistimewaan tersebut salah satu yang paling utama adalah Makkah merupakan tempat di bumi di mana Allah pertama kali menempatkan rumah-nya, yaitu Ka’bah. Ka’bah merupakan pusat peribadatan umat Islam di seluruh dunia. Dalam Al Quran juga disebutkan bahwa Makkah merupakan pusat bumi, sebagaiman didukung oleh penelitian-penelitian masa kini. Salah satunya penelitian yang dilakukan oleh Arnold Keysrling (Ilmuwan Barat). Ia mengatakan bahwa garis bujur yang melintasi kota Makkah adalah garis tengah yang seharusnya menjadi titik awal penentuan waktu dunia.

Di samping Makkah, kota di bumi ini yang dimuliakan Allah adalah Madinah. Berdasarkan Al Quran dan keterangan Hadist, Madinah merupakan salah satu kota suci umat Islam selain Makkah yang dijaga oleh malaikat sepanjang masa. Para malaikat menjaganya dari serangan keburukan, bahkan dari serangan Dajjal

Keajaiban Makkah dan Madinah (Part 1)

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Hubungi :

PT. Arminareka Perdana Penyelenggara Perjalanan Umrah & Haji Plus terbesar Se-Dunia (Since Februari 1990)

Artikel Terkait:

One thought on “Keajaiban Kota Makkah dan Madinah (Part 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *